Blogger news
Selasa, 28 Oktober 2014
Teori Organisasi Umun 1 ,-2
Dalam perkembangan saat ini terdapat 5 bentuk organisasi yang perlu diperhatikan, bentuk organisasi tersebut diantaranya :
1. Organisasi Lini
Diciptakana oleh Henry Fayol, Organisasi Lini adalah bentuk organisasi yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan dengan bawahan. Organiasi ini sering disebut dengan organisasi militer, Organisasi Lini hanya teat dipakai pada organisasi yang ruang lingkupnya kecil misalnya : Bengkel , Rumah makan RT.
2. Organisasi Lini dan Staf
Merupakan kombinasi dari organisasi lini , namun azas komando dipertahankan tetapi dalam kelancaran tugas pemimpin dibantu oleh para staff, dimana staff berperan memberi masukan. disini Hubungan atasan dan bawahan tidak bersifat langsung.
3.Organisasi Fungsional
Diciptakan oleh Frederick W. Taylor, Organisasi ini disusun berdasarkan sifat dan macam pekerjaan yang harus dilakukan, masalah pembagian kerja merupakan masalah yang menjadi perhatian yang sungguh sungguh, disini bawahan akan menerima perintah dari beberapa atasan.
4.Organisasi Lini dan Fungsional
Merupakan suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada perkepala unit dibawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu dan selanjutnya pipinan tertingi tadi meilimpahkan wewenang kepada pejabat fungsional , yang melaksanakan bidang pekerjaan operasional dan hasil tugasnya diserahkan kepada kepala unit terdahulu tanpa memandang tingkatan.
5.Organisasi Lini, Fungsional dan Staf
Organisasi ini merupakan perkembangan lebih lanjut dari organisasi berbentuk lini dan fungsional, disini mempunyai 3 unsur karyawab yakni , karyawan dengan tugas pokok, karyawan dengan tugas bantuan dan karyawab dengan tugas operasioanl fungsional
Dalam organisasi terdapak struktur organisasi yakni merupakan susunan dan hubungan hubungan antar komponen bagian bagian dan posisi posisi dalam suatu perusahaan, sedangkan disetiap komponen dari organisasi tersebut saling tergantung, yang pabila setiap bagian dapat dikelola dengan baik maka organisasi tersebut akan ikut membaik.
Bagan organisasi adalah suatu upaya dengan tulisan atau lisan untuk menunjukan tingkatan organisasi.
1. Bagan mendatar ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari kiri kea rah kanan atau sebaliknya.
2. Bagan Lingkaran ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinana sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke arah bidang lingkaran.
3. Bagan Setengah lingkaran ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran kea rah bidang bawah lingkaran atau sebaliknya.4. Bagan Elips ialah bentuk bagan satuan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat Elips kea rah bidang elipsSetiap bentuk bagan organisasi yang ada menggambarkannya dapat dibalik, kecuali bagan lingkaran, bagan elips dan bagan sinar. Bagan pyramid dapat disusun dari bawah kea rah atas, bagan mendatar dapat disusun dari kanan kea rah kiri, bagan menegak (Vertikal) dapat disusun dari bawah ke atas, bagan setengah lingkaran dapat di susun dari pusat lingkaran ke arah bidang atas lingkaran, bagan setengah elips dapat disusun dari pusat elip kearah bidang atas elip. Dalam bagan lingkaran, bagan elip dapat pula digambar satuan organisasi atau pejabat yang lebih rendah kedudukannya terletak di atas, tetapi ini semua tidak mengubah jenjang ataupun kedudukan yang sesungguhnya.
Apa kita mengenal istilah konflik? apa itu konflik? bagaimana cara penyelesaian konflik?
konflik adalah suatu proses sosial antara dua orang atau lebih dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain. biasanya konflik dilatarbelakangi karena perbedaan ciri ciri yang dibawa suatu individu sehingga membuat salah satu pihak merasa tersakiti
Adakalanya kita harus memiliki siasat/strategi untuk menyelesaikan konflik, diantaranya:
1. Menghindar
2. Mengakomodasi , dalam hal ini kita memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengatur strategi pemecahan masalah.
3. Kompromi atau Negosiasi.
Setelah kita mengetahui istilah konflik seharusnya kita mempunyai motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik, namun sebelum itu apakah kita mengetahui apa itu motivasi?.
Motivasi adalah suatu dorongan atau kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untu mencapai suatu tujuan. biasanya Motivasi dibuat agar seseorang menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
Untuk lebih memahami lagi tentang motivasi kita akan bertemu dengan beberaoa teori tentang motivasi diantaranya :
1. Teori Abraham H. Maslow (Teori Kebutuhan)
Pada intinya berkisar pada pendapat bahwa manusia mempunyai lima tingkat atau hierarki kebutuhan , yaitu :
a. Kebutuhan fisiologikal
b. Kebutuhan rasa aman
c. Kebutuhan akan kasih sayang
d. Kebutuhan akan harga diri
e. Aktualisasi diri
2. Teori McClleland ( Teori Kebutuhan Berprestasi )
dikenal tentang teori kebutuhan untuk mencapai prestasi atau need for achievement yang menyatakan bahwa motivasi berbeda beda sesuai dengan kekuatan kebutuhan seseorang akan prestasi.
3. Teori Clyton Alderfer ( Teori ERG)
Dikenal dengan teori ERG, yaitu :
E = Existence : Kebutuhan akan eksistensi
R = Relatedness : Kebutuhan untuk berhubungan dengan pihak lain
G = Growth : Kebutuhan akan pertumbuhan
Adakalanya dalam sebuah organisasi sering terjadi konflik oleh karena itu kita harus memotivasi diri kita untuk menjadi lebih baik lagi. Dalam suatu organisasi tentunya dibutuhkan proses untuk mencapai tujuan organisasi itu sendiri, kali ini kita akan membahas proses organisasi dengan cara mempengaruhi dan proses pengambilan keputusan
> Proses Mempengaruhi
Pengaruh adalah suatu kegiatan atau keteladanan yang menunjukan hal baik, yang dilakukan secara langsung ataupun secara tidak langsung, sehingga mengakibatkan perubahan perilaku baik secara individu maupun kelompok
>Proses Pengambilan keputusan
Secara singkat pengambilan keputusan adalah pemilihan diantara berbagai tersedianya alternatif.
Kesimpulan : Proses mempengaruhi dan Proses Pengambilan keputusan adalah proses manajerial karena secara nyata dilaksanakan oleh para manajer. Proses ini juga merupakan proses proses organisasional karena lebih penting daripada manajer individual dalam pengaruhnya pada tercapainya tujuan tujuan organisasi.
Dikutip :
http://abdulghanni.blogspot.com/2012/01/proses-organisasi-proses-mempengaruhi.html
http://kanissaputri.blogspot.com/2013/11/teori-motivasi.html
http://www.pengertianahli.com/2013/09/pengertian-motivasi-menurut-para-ahli.html
http://awaysidik.blogspot.com/p/apa-itu-konflik-contoh-konflik-dan.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar